Friday, April 23, 2010

Komunikasi Data

1. TELEKOMUNIKASI DAN PENGOLAHAN DATA
Komunikasi data merupakan gabungan 2 (dua) macam teknik, yaitu teknik telekomunikasi dan teknik pengolahan data. Teknik telekomunikasi adalah semua kegiatan yang berhubungan dengan penyampaian informasi. Telekomunikasi adalah segala kegiatan yang berhubungan dengan penyaluran informasi dari titik ke titik lainnya (komunikasi jarak jauh). Sedangkan teknik pengolahan data adalah semua kegiatan yang berhubungan dengan manipulasi atau pengolahan data, seperti : entry, edit, delete, searching dan lain-lain.
Secara umum komunikasi data dapat dikatakan sebagai proses pengiriman data (informasi) yang telah diubah ke dalam suatu kode-kode tertentu yang telah disepakai melalui media listrik atau elektro optik dari suatu titik ke titik yang lain (dari pengirim ke penerima). 
Komunikasi Data adalah :

  • transmisi data elektronik melalui beberapa media

  • merupakan penggabungan dari 2 teknik :

    • teknik telekomunikasi
      telekomunikasi adalah segala kegiatan yang berhubungan dengan penyaluran informasi dari titik ke titik lainnya (komunikasi jarak jauh)

    • pengolahan data
      segala kegiatan yang berhubungan dengan pengolahan data.
a. Komunikasi Data Konvensional

Gambar : Komunikasi Data Konvensional
Contoh pada pesawat faximili
b. Komunikasi Data Off-Line
Gambar : Komunikasi Data Off-Line
Offline communication system adalah suatu sistem pengiriman data melalui fasilitas telekomunikasi dari satu lokasi ke pusat pengolahan data, tetapi data yang dikirim tidak langsung diproses oleh CPU (Central Processing Unit), Di mana data yang akan diproses dibaca oleh terminal, kemudian dengan menggunakan modem, data tersebut dikirim melalui telekomunikasi.
Di tempat tujuan data diterima juga oleh modem, kemudian oleh terminal, data disimpan ke alamat perekam seperti pada disket, magnetic tape, dan lain-lain. Dari alat perekam data ini, nantinya dapat diproses oleh komputer. Peralatan-peralatan yang diperlukan dalam offline communication system, antara lain :
  1. Terminal
    Terminal adalah suatu I/O device yang digunakan untuk mengirim data dan menerima data jarak jauh dengan menggunakan fasilitas telekomunikasi. Peralatan terminal ini bermacam-macam, seperti magnetic tape unit, disk drive, paper tape, dan lain-lain.
  2. Jalur komunikasi
    Jalur komunikasi adalah fasilitas telekomunikasi yang sering digunakan, seperti : telepon, telegraf, telex, dan dapat juga dengan fasilitas lainnya.
  3. Modem
    Model adalah singkatan dari Modulator / Demodulator. Suatu alat yang mengalihkan data dari sistem kode digital ke dalam sistem kode analog dan sebaliknya.
c. Komunikasi Data On-Line
Gambar : Komunikasi Data On-Line
Berbeda dengan sistem komunikasi offline, pada sistem ini data yang dikirim melalui terminal dapat langsung diolah oleh pusat komputer, dalam hal ini CPU. Contoh pada Jaringan Internet yang mengunakan koneksi dial-up
2. KEUNTUNGAN DAN TUJUAN KOMUNIKASI DATA
Keuntungan Komunikasi Data:
  1. Pengumpulan dan persiapan data
    Bila pada saat pengumpulan data digunakan suatu terminal cerdas maka waktu untuk pengumpulan data dapat dikurangi sehingga dapat mempercepat proses (menghemat waktu)
  2. Pengolahan Data
    Karena komputer langsung mengolah data yang masuk dari saluran transmisi (efisiensi)
  3. Distribusi
    Dengan adanya saluran transmisi hasil dapat langsung dikirim kepada pemakai yang memerlukannya.
Kegunaan komunikasi data dalam bidang bisnis antara lain adalah
  1. Membantu proses desentralisasi
  2. Dapat menggantikan surat menyurat intern, kurir, dll (cara konvensional ) dengan sistem electronic mail.
  3. Mempercepat pembuatan laporan-laporan atau informasi.
  4. Mempercepat proses pengiriman dan pengumpulan data.
  5. Dan lain-lain.
Tujuan Komunikasi Data :



  1. Memungkinkan menyalurkan informasi secepat mungkin dengan kesalahan sedikit mungkin



  2. Memungkinkan pengiriman data dalam jumlah besar adalah efisien, tanpa kesalahan dan ekonomis dari suatu tempat ke tempat yang lain.



  3. Memungkinkan penggunaan sistem komputer dan peralatan pendukung lainnya dari jauh ( remote computer use )



  4. Memungkinkan penggunaan sistem komputer secara terpusat / tersebar sehingga mendukung manajemen dalam hal kontrol, baik desentralisasi maupun senralisasi



  5. Mempermudah kemungkinan pengolahan dan pengaturan data yang ada dari berbagai sistem komputer



  6. Mengurangi waktu untuk pengolahan data



  7. Mendapatkan data langsung dari sumbernya (mempertinggi kehandalan)



  8. Mempercepat penyebarluasan informasi



  9. Mengintegrasikan semua jenis komunikasi menjadi satu sistem yaitu ISDN ( Integrated Service Digital Network ) atau Jaringan Digital Pelayanan Terpadu.
3. PENGGUNAAN SECARA UMUM KOMUNIKASI DATA
Penggunaan secara umum komunikasi data digolongkan dalam beberapa bidang, yaitu :
  1. Bidang Pengumpulan Data (Data Collection)
    Data dikumpulkan dari beberapa tempat (Remote station), disimpan dalam memori dan pada waktu-waktu tertentu data tersebut akan diolah.
    Contoh : Aplikasi sistem inventory , penggajian, dll
  2. Bidang Tanya Jawab (Inquiry dan Respone)
    Pemakai dapat mengakses langsung ke program atau file. Data yang dikirimkan ke sistem komputer ini langsung diproses dan hasilnya segera dapat diberikan. Pemakai dapat mengakses langsung ke file / program. Data yang dikirimkan ke sistem komputer dapat langsung diproses dan hasilnya dapat segera diberikan. Bila pemakai melakukan dialog dengan komputeer maka sistem semacam ini disebut interaktif.
    Contoh : aplikaasi perbankan, pembayaran dipertokoan.
  3. Bidang Storage dan Retrieval
    Data yang sebelumnya telah disimpan dalam komputer dapat diambil sewaktu-waktu oleh pihak yang berkepentingan.
    Contoh : Aplikasi Messege Switching dan Electronic Mail , seperti pengiriman surat, dokumen atau memo secara elektronik.
  4. Time Sharing
    Sejumlah pemakai dapat mengerjakan programnya bersama-sama.
    Contoh : Aplikasi pemakaian sistem komputer bersama-sama untuk pengembangan perangkat lunak ( software ), perhitungan rekayasa, pengolahan kata ( word processing ), CAD ( Computer Aid Design ), dll.
    Time sharing system adalah suatu teknik penggunaan online system oleh beberapa pemakai secara bergantian menurut waktu yang diperlukan pemakai. Disebabkan waktu perkembangan proses CPU semakin cepat, sedangkan alat Input/Output tidak dapat mengimbangi kecepatan dari CPU, maka kecepatan dari CPU dapat digunakan secara efisien dengan melayani beberapa alat I/O secara bergantian
Gambar : Time Sharing
Salahsatu penggunaan time sharing system ini dapat dilihat dalam pemakaian suatu teller terminal pada suatu bank. Bilamana seorang nasabah datang ke bank tersebut untuk menyimpan uang atau mengambil uang, maka buku tabungannya ditempatkan pada terminal. Dan oleh operator pada terminal tersebut dicatat melalui papan ketik (keyboard), kemudian data tersebut dikirim secara langsung ke pusat komputer, memprosesnya, menghitung jumlah uang seperti yang dikehendaki, dan mencetaknya pada buku tabungan tersebut untuk transaksi yang baru saja dilakukan.



  1. Bidang Remote Job Entry
    Remote job terminal mengirimkan program atau data (teks) untuk disimpan ke komputer pusat tempat data diproses.
    Contoh : Aplikasi yang mempergunakan peralatan peralatan pendukung sistem komputer yang terdapat pada tempat yang jauh.
    Data yang akan dikirim dikumpulkan terlebih dahulu dan secara bersama-sama dikirimkan ke komputer pusat untuk diproses. Karena data dikumpulkan (batch) terlebih dulu dalam satu periode, maka cara pengolahan system ini disebut dengan batch processing system. Hasil dari pengolahan data umumnya ada di komputer pusat dan tidak dapat langsung seketika dihasilkannya, karena komputer pusat harus sekaligus memproses sekumpulan data yang cukup besar. Pada gambar dapat dilihat bentuk kerja sistem ini.
Gambar : Kerja Sistem Remote Job Entry



  1. Bidang Real Time Data Processing dan Process Control
    Hasil proses dikehendaki dalam waktu yang sesuai dengan kepentingan proses tersebut ( real time ).
    Contoh : Aplikasi pengaturan peralatan industri, sistem kendali proses, sistem telekomunikasi dan lain-lain.
    Suatu realtime system memungkinkan untuk mengirimkan data ke pusat komputer, diproses di pusat komputer seketika pada saat data diterima dan kemudia mengirimkan kembali hasil pengolahan ke pengirim data saat itu juga. American Airlines merupakan perusahaan yang pertama kali mempelopori sistem ini. Dengan realtime system ini, penumpang pesawat terbang dari suatu bandara atau agen tertentu dapat memesan tiket untuk suatu penerbangan tertentu dan mendapatkan hasilnya kurang dari 15 detik, hanya sekedar untuk mengetahui apakah masih ada tempat duduk di pesawat atau tidak.



  2. Bidang Pertukaran Data Antar Komputer
    Pertukaran data berupa program, file, dll. Pertukaran data berupa program, file dsb antar sistem komputer. Pada palikasi ini data yang dipertukarkan jumlahnya banyak dan waktu yang dikehendaki singkat sekali.
4. KOMPONEN DASAR SISTEM KOMUNIKASI DATA
Komponen dasar sistem komunikasi data minimal ada 3 (tiga) macam, yaitu Pengirim ( Transceiver ), Media Transmisi dan Penerima ( Receiver ).
Gambar : Komponen Dasar Sistem Komunikasi Data
  1. Pengirim (Tranceiver )
    Berupa pemancar atau pengirim informasi (data).



  2. Media Transmisi
    Media transmisi adalah media yang digunakan untuk menyalurkan (mengirimkan) ketempat tujuan (penerima). Secara umum media yang biasa dipergunakan adalah saluran fisik (kabel), udara dan cahaya.
  3. Penerima (Receiver)
    Alat yang digunakan untuk menerima informasi yang dikirimkan.
Pada dasarnya dalam dunia elektronika dikenal 2 (dua) sinyal listrik, yaitu



  1. Sinyal Analog
    Sinyal yang sifatnya seperti gelombang sinusoidal, jadi dapat dikatakan sinyalnya selalu sambung menyambung atau tidak ada perubahan yang tiba-tiba antara bagian-bagian sinyal tersebut
Gambar : Sinyal Analog
  1. Sinyal Digital
    Sinyal yang sifatnya seperti pulsa, jadi dapat dikatakan sinyal tersebut terputus-putus atau terjadi perubahan yang tiba-tiba antara bagian-bagian sinyal tersebut.
Gambar : Sinyal Digital

DAFTAR PUSTAKA
www.xiertekusa.com/product.php?pid=789
www.sentrytechnical.com/resources
www.indocommerce.net/index.php.
www.tp-link.com/support/showfaq.asp?id=9

0 comments:

Post a Comment