Friday, April 23, 2010

Jaringan Komunikasi Data

1. KOMUNIKASI DATA
Dalam jaringan komputer, komunikasi antar-komputer terjadi pada saat salah satu komputer mengirim data atau file kepada komputer lainnya. Untuk itu diperlukan media komunikasi. Data yang dikirimkan diubah menjadi gelombang-gelombang sinyal yang dapat ditransfer melalui media transmisi. Di sisi penerima, energi yang diambil dari media transmisi diubah kembali menjadi data yang dapat dibaca oleh komputer penerima. Mekanisme ini disebut sebagai komunikasi data.
Data yang dikirim berupa file digital. Agar data yang berupa sinyal 0 dan 1 tersebut dapat dipindahkan dari komputer satu ke komputer lain dalam jaringan, maka bilangan-bilangan tersebut harus diubah menjadi sinyal-sinyal transmisi. Pengubah data komputer menjadi sinyal-sinyal transmisi dinamakan transmitter , sedangkan pengubah sinyal-sinyal transmisi menjadi data digital disebut receiver . Transmitter biasanya bekerja secara simultan bersama receiver . Transmitter maupun Receiver yang umum dipakai di antaranya adalah Modulator - Demodulator (Modem) dan Network Interface Card (NIC) atau yang populer disebut sebagai ethernet - card atau LAN- Card .
Media transmisi dapat berupa kabel yang mengubah sinyal digital menjadi sinyal listrik, serta media wireless yang mengubah sinyal digital menjadi gelombang frekuensi. Selain itu di dalam komunikasi data terdapat pula perangkat tambahan yang berfungsi untuk menyebarkan akses jaringan komputer dari media transmisi ke seluruh node, perangkat ini disebut sebagai konsentrator.
2. PERANGKAT-PERANGKAT JARINGAN KOMUNIKASI PADA KOMPUTER
A. Konsentrator
Perangkat ini merupakan tulang punggung ( backbone ) utama suatu jaringan komputer yang banyak digunakan saat ini, khususnya bila topologi yang digunakan adalah star . Sesuai namanya, konsentrator digunakan untuk memusatkan akses seluruh node baik berupa client (PC, laptop, PDA UMPC dsb), gateway - router maupun server yang terhubung ke jaringan. Pada jaringan komputer dengan media kabel, konsentrator yang digunakan berupa Hub maupun Switch . Sedangkan pada jaringan nirkabel, konsentrator yang digunakan berupa Wireless Access Point (WAP).
Gambar :Ilustrasi Kerja Konsentrator Pada Jaringan Komputer

    1. Hub
      Secara sederhana, Hub merupakan konsentrator yang bersifat statis dan membagi akses jaringan secara merata kepada seluruh node yang terhubung, tanpa mempedulikan apakah node tersebut aktif atau tidak.

    2. Switch
      Secara fisik, nyaris tidak ada perbedaan bentuk yang signifikan antara Hub dengan Switch . Namun switch memiliki keunggulan yang menyebabkan para administrator jaringan memilih untuk meninggalkan hub , meskipun harga switch saat ini masih sedikit lebih mahal. Switch mampu membagi akses jaringan hanya kepada node yang aktif, sehingga bila node yang aktif sedikit, akses jaringan lebih cepat.
Gambar : Bentuk fisik switch dengan 8-port konektor RJ-45
    1. Wireless Access Point (WAP)
      WAP merupakan perangkat yang mengijinkan perangkat nirkabel ( wireless ) untuk terhubung ke jaringan komputer menggunakan standar WiFi maupun standar lain yang sesuai. WAP biasanya menyebarkan akses dari koneksi jaringan kabel. Perangkat yang ingin terhubung pada jaringan yang disebarkan oleh WAP harus memiliki WiFi-adaptor. Cakupan wilayah penyebaran akses WAP biasa dikenal dengan istilah hot-spot .
Gambar :. Bentuk fisik Wireless Access Point
B. Transmitter / Receiver
Seperti telah dijelaskan sebelumnya, transmitter dan receiver bekerja secara simultan pada satu perangkat. Saat ini terdapat berbagai macam perangkat transmitter dan receiver, seperti LAN-card, modem maupun WLAN-adaptor.

  1. Local Area Network (LAN) - card
    Pada jaringan berskala lokal (LAN) data komputer ditransmisikan melalui media transmisi dan diterima kembali di komputer penerima melewati sebuah LAN- card atau yang biasa juga disebut Network Interface Card (NIC) atau Ethernet-card . Pada komputer, LAN-card biasa dipasang pada salah satu slot ekspansi (PCI atau ISA) pada motherboard komputer. Pada NIC terdapat konektor yang berfungsi untuk memasang kabel komunikasi yang terhubung dalam jaringan.
Gambar : Local Area Network (LAN) - Card

    1. Modulator – Demodulator (Modem)
      Modem berfungsi untuk mengirim dan menerima sinyal-sinyal data pada komputer yang terhubung pada jaringan luas secara langsung ( direct connection ). Terdapat beberapa mekanisme yang saat ini banyak digunakan, yaitu dial-up dan Asynchronous Digital Subscribe Line (ADSL). Selain itu juga terdapat modem yang mendukung layanan bergerak ( mobile ) maupun seluler dengan teknologi General Package Radio System (GPRS) pada layanan GSM maupun layanan teknologi Code Division Multiple Access (CDMA).

    2. Wireless LAN (WLAN) – Adaptor
      Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi sambungan nirkabel, perangkat WLAN-adaptor semakin banyak ditemui, Perangkat inilah yang memungkinkan pengguna komputer dapat memanfaatkan akses jaringan di suatu area yang biasa disebut “ Hot Spot ”. Pada perangkat-perangkat mobile terkini seperti laptop, Personal Digital Assintance (PDA), smart-phone , maupun Ultra-Mobile Portable Computer (UMPC), WLAN-adaptor merupakan perangkat wajib yang biasanya sudah terintegrasi.
Gambar : WLAN adaptor PCI

DAFTAR PUSTAKA
www.xiertekusa.com/product.php?pid=789
www.sentrytechnical.com/resources
www.indocommerce.net/index.php.
www.tp-link.com/support/showfaq.asp?id=9

0 comments:

Post a Comment